Memilih dan Memutuskan

Memilih. Setiap orang pasti dihadapkan pada kondisi saat dia harus memilih. Kecuali dia tidak punya pilihan-pun, pilihannya adalah menjalani atau tidak. Jadi, ada pilihan atau tidak, masih ada pilihan menjalani atau tidak. Yap, hidup selalu memilih. Tapi kita bisa menyangkal, kita tidak bisa memilih untuk hidup sampai kapan dan akan mati kapan. Ini kenyataan bagiku.

Salah satu hal terplin-plan dalam pilihan yang aku alami adalah memilih kajian skripsi. Kesemuanya memang tentang burung. Mulai dari Cekakak berpindah ke Alap-alap, berpindah lagi ke Elang, lalu berpindah ke Elang lainnya, dan berpindah lagi ke Kakatua, dan berakhir di salah satu spesies burung yang bisa dibilang sulit dijumpai dari kelompok Flycatcher.

Itu pilihanku. Aku menjalaninya dengan optimisme berlebihan. Meskipun untuk proposal sungguh menguras hati. Rasanya tidak masalah jika aku salah dan harus merevisi sesering apapun. Jika memang ada yang harus ditambahkan ini-itu, dikritik kekuranganku, semuanya baik-baik saja.

Tapi satu hal yang membuatku merasa lelah hati adalah ketika usaha itu dianggap copy-paste. Itu sangat mengesalkan. Meskipun tidak melakukannya, tetap saja kesal. Maka di suatu hari aku niatkan untuk membawa dinding tebal untuk menutupi hatiku. Semuanya akan baik-baik saja. Koreksi berupa kritik tak terduga yang tidak relevan aku abaikan saja. Setidaknya cukup aku pikirkan saat itu, sambil melihat situasi dan kondisi. Biasanya ketika dosenku terlalu capek dan sibuk, beliau akan sangat sensitif dan bermood kurang menyenangkan. Jadi, bagian tidak baik itu baiknya diabaikan saja. Hehehehe… Maaf dosenku, sesungguhnya aku masih tetap kagum pada Anda. Kecuali mood yang kadang tak terduga.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s