Kolaborasi

Kebetulan sekali. Sekali kebetulan. Pulang kampung dalam rangka Idul Adha, biar bisa berkumpul bersama keluarga. Maklum, kadangkala di Idul Adha-pun aku tak pulang. Terlalu enak ada di Jogja. Paling-paling pulangnya keesokan harinya.

Tahun ini, beda. Aku pulang saja lah ya. Tapi, memang ada tujuan lain. Ngeprint naskah. Demi mengirit uang saku di kota orang yang kuanggap rumah (juga).

Malam semakin larut. Sebentar lagi tengah malam. Aku dan ayah sibuk dengan laptop dan printer. Untuk naskah skripsi 7 copies, kami berkolaborasi. Bagian berwarna diprint oleh ayah. Bagian hitam-putih jatahku. Karena tinta warna di printer yang aku gunakan sudah habis. Ditemani kopi dan asap rokok ayah, serta angin yang sejuk masuk lewat pintu rumah yang memang sengaja dibuka karena gerah. Tak lupa diputar lagu Led Zeppelin dan Janis Joplin. Disisipi Muse dan juga Navicula. Malam menuju dini hari yang luar biasa. Aku rasa, ini bagian paling berkesan dari skripsiku.

Tik tok.. Tik tok..

Lembar demi lembar dicetak.

Suara getar printer menggema di ruangan

kadang kasar, kadang halus.

Pada akhirnya, sekitar pukul 2 pagi barulah selesai semuanya. Kolaborasi yang kompak sekali. Selesai dan ayah pun menuju kamar. Lelah dan hendak tidur. Begitu pula aku. Aku ke kamarku dan bersiap-siap tidur. Kemudian teringat belum gosok gigi, lalu bangun lagi. Sekembalinya ke tempat tidur dan meluruskan punggung, pikiran kembali melayang-layang. Hingga pukul 3 pagi, aku masih sadar diri. Duh, Gusti… Padahal pagi-pagi rencana kembali ke Jogja lagi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s