Kuliah Kerja Nyata sebagai Starter Pengembangan Potensi Daerah

—Salah satu dari beberapa yang ingin kukirimkan, belum berhasil sodara-sodara. Masih harus banyak belajar merangkai kata dan menggali ide. Yang penting otak tetap kerja. Daripada sel-sel otak mati sia-sia. Lebih baik sel otak mati karena digunakan untuk berpikir.—

Mahasiswa adalah kalangan intelektual muda yang mempunyai berbagai ide dan pola pikir kreatif. Mahasiswa merupakan salah satu generasi yang bertanggung jawab untuk meneruskan cita-cita bangsa. Dengan ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang mereka peroleh di bangku kuliah, sangat diharapkan nantinya dapat diaplikasikan dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat.

Masalah yang muncul di kalangan mahasiswa rantau adalah keengganan untuk kembali ke kampung halaman. Beberapa alasan yang mendorong mereka yaitu tidak adanya pekerjaan yang sesuai di kampung halaman dan pekerjaan di kota-kota besar yang menawarkan penghasilan lebih tinggi dan hidup yang serba mudah.

Kuliah Kerja Nyata/KKN dapat memunculkan rasa cinta kepada kampung halaman. KKN menuntut mahasiswa untuk menggali potensi daerah dan masyarakat sekitar tempat KKN untuk dikembangkan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan mahasiswa rantau untuk menjadi pionir pengembangan daerahnya sendiri yaitu dengan KKN di kampung halamannya. Setelah KKN berakhir, mahasiswa yang telah lulus ini dapat melanjutkan usahanya untuk mengembangkan apa yang sudah dimulainya. KKN ini diharapkan menjadi starter pengembangan potensi daerah. Hal ini bertujuan agar daerah-daerah yang kurang berkembang dan kurang maju dapat meningkat kesejahteraannya. Sangat disayangkan jika para pemuda yang seharusnya membangun daerahnya justru antipati terhadap kampung halamannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s