Xplore-Xpedition

Aku bercita-cita. Aku ber-asa. Tapi, aku tak menyangka, akan menakjubkan seperti ini.

Dear Celebes yang unik,

Sebelum aku menemuimu, aku harus menjalani berbagai hal, merasakan berbagai rasa, mecium berbagai aroma. Dari suatu tempat bernama Batujajar yang panas membara, Lereng Tangkuban Perahu yang dingin-berkabut-berangin dan membekukan jemari. Itu untuk mencumbu tanahmu, Celebes.

Aku sudah merasakan nikmatnya di alammu. Dari 0 mdpl hingga >2000 mdpl. Diawali dengan sesama spesies, hingga makhluk lain yang tak kuketahui namanya. Dari yang datar, meliuk, berkelok, berbukit, bergunung, berair. Pantainya, sungainya, hutannya, gunungnya, danaunya.

Aku akan merindukanmu, Celebes. Apakah kau tahu itu? Meskipun aku juga harus jujur, aku merindukanmu karena aku merindukan kebersamaan dan persahabatan dan persaudaraan yang melekat karenamu. Aku akan merindukan rasanya menyeberangi sungaimu yang deras dan berkelok. Yang dengan langkah gontai, aku hampir terseret dan melarungkan diriku. Luar biasanya kau, Celebes. Aku bersyukur Tuhan Maha Kuasa dan memberikan kesempatan bagiku untuk merasakan indahmu.

Celebes, apakah aku bermanfaat untukmu? Apakah yang telah aku lakukan membawa kebaikan untukmu? Aku takut jika apa yang telah aku lakukan hanya sia-sia untukmu. Aku ingin alammu tetap lestari, dan apa yang sudah lestari akan terjaga. Dan yang baik akan semakin baik, dan yang tak baik akan diperbaiki.

Aku melihat sisi lainnmu di tepian pantai. Aku melihat keserakahan manusia akan harta telah menghancurkan bukit-bukitmu. Menyisakan kerukan dan lubang besar menganga yang tak membiarkan pohonmu tumbuh damai melindungi tanah dan air dan burung-burung. Sungguh, segenap maafku, aku tak tahu harus berbuat apa. Dan aku menyesal karena tak bisa berbuat banyak.

Dear, Celebes…. Terima kasih…. Terima kasih yang tak terbatas… Terima kasih, Tuhan. Kau telah menciptakan Celebes.

 

With endemism,

 

Eoscheme

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s