Perjalananku-JBW Wanagama

JBW @ Wanagama 27/02/2011

Hari Minggu kemarin, KP3 Burung mengadakan JBW di Wanagama. JBW merupakan agenda rutin bulanan PPBJ untuk mengadakan pengamatan bersama.

Waktu pemberangkatan bisa dibilang sangat telat. Dari jadwal yang seharusnya pukul 06.00 WIB sudah berada di Pendopo Alun-alun Kidul, namun kenyataannya sekitar pukul 7.30 WIB baru sampai di sana. Walhasil, sampai di Wanagama pun kesiangan. Sekitar pukul 09.00 WIB. Rombonganpun terpisah, satu di  daerah Bunder, yang lain di Wanagama. Sehingga rombongan yang di Wanagama harus menunggu anak-anak yang ada di Bunder (berhubung waktu itu hujan, sekalian menunggu hujan reda).

Pukul 10.00 WIB, pengamatan baru dimulai. Tim dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok ada 15 ato 16 orang. Dan ada 2 jalur yang dipakai. Saya kurang tahu apa nama jalurnya. Beberapa puluh meter, 2 tim masih dalam 1 jalur, setelah sampai di pertigaan, 2 tim tersebut berpisah. Namun ada 4/5 anak yang kemudian memisahkan diri dari tim untuk blusukan di tempat lain, anak2 dari Bionic UNY (Zul, Kukuh, Shoim, dkk).

Pengamatan dimulai, suara burung terdengar cukup ramai, namun entah dimana mereka berada. Sulit sekali mencari keberadaan mereka bahkan menggunakan binocular sekalipun. Selain burung-burung yang suaranya ramai itu adalah burung-burung kecil, tajuk/ kanopi pohon yang rimbun dan tinggi lumayan menyulitkan pandangan. Apalagi kalau saya itu tidak focus pada pengamatan, lebih focus ke hunting foto-foto.

Burung yang sempat saya lihat hanya wallet linchi, cekakak sungai ,dan tekukur biasa. Suara-suara yang sudah saya kenali antara lain burung cabe, burung madu, cipoh, dan entah apa lagi. Sungguh pengamatan yang kurang membuat semangat, karena sudah terlalu siang. Burung-burung jadi malu-malu untuk menampakkan dirinya.

Pengamatan berakhir sekitar pukul 12.30 WIB. Keringat sudah cukup membasahi kaosku, dan celanaku sudah cukup kotor karena blusukan ketika hunting foto, bukan karena hunting manuk. Namun, sesuai prinsipku sejak pagi, kalau tidak bisa pengamatan optimal, lebih baik mencari kegiatan lain, yaitu hunting foto.

Setelah pengamatan, seperti biasa maka diadakan diskusi hasil pengamatan sekitar pukul  12.50 WIB. Setiap kelompok menyampaikan hasilnya. Dan hasil pengamatan paling baik adalah dari kelompok Zul yang memisahkan diri, mereka berhasil mengamati Elang Bido dari jarak beberapa meter saja tanpa menggunakan binocular, dan lain sebagainya. Setelah diskusi, forum memutuskan siapa yang akan menjadi penyelenggara berikutnya, dan keputusan jatuh kepada Bionic UNY. Acara diakhiri dengan menceritakan acara apa yang sudah, sedang, dan akan dilakukan lembaga masing-masing.

Sekitar pukul 13.30 WIB, baru pulang….

Dan sampai di kampus pukul 15.00 WIB…

Sungguh hari yang melelahkan dan menyenangkan. Dari Matala hanya  ada aku dan Lisana anak AM diklat XV yang ikut. Walhasil kami nebeng deh. Dari situ aku jadi terpacu untuk menghilangkan paranoidku menjadi driver.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s