Bukan Krisis Identitas

Aku orang Jawa tulen. Ayah dan ibuku orang Jawa tulen.

 

Ketika KKN di Wae Sano, Flores, aku dikira orang Bugis. Entah bagian mana dari muka dan perawakan yang menunjukkan kebugisan itu.

Di warung burjo dekat kosan, aku dikira orang Sunda. Mungkin karena logatku menirukan mereka.

Di sebuah obrolan dunia maya, aku dikira orang Papua. Gara-gara memasang foto, saat kulirku nampak sangat eksotis.

Dalam suatu perbincangan dengan anak kosan, aku dikira orang Sulawesi. Mungkin karena aku pernah ikut ekspedisi di Sulawesi dan kadang berbicara ke-Sulawesi2an.

Pernah pula dikira orang Jawa Barat-an karena nggak Njawani logatnya.

Beuuuuh…. Mau dengar kemedhok-anku ketika ngomong Jawa? Ah…. sudahlah..

Tinggalkan Balasan

