Penggal Syair dan Memori

”Ada yang tak sempat tergambarkan
oleh kata ketika kita berdua,
hanya aku yang bisa bertanya,
mungkinkah kau tahu jawabnya?
Malam jadi saksinya,
kita berdua di antara kata yang tak terucap.
Berharap waktu membawa keberanian,
untuk datang membawa jawaban.”

Begitulah penggal syair lagu Payung Teduh yang berjudul Berdua Saja. Setiap kali mendengarkan lagu ini, ada satu wajah yang terbayang. Mengapa orang itu kamu?

Ada ingatan lekat dimana kita berdua berjalan cepat di bawah temaram lampu kota yang jingga. Kamu berjalan sangat cepat hingga aku harus setengah berlari mengikutimu. Tapi, mengapa lagu ini yang terputar di otakku? Kemudian, ketika aku mendengarkan lagu ini, yang terjadi adalah memutar memori itu dalam slow motion.

Termasuk saat kamu menyadari aku tertinggal jauh, tenggelam di lautan manusia. Kamu berhenti. Berdiri di ujung jalan itu. Menoleh ke belakang mencari-cariku. Dan tersenyum lembut menungguku yang tergesa-gesa menghampirimu. Bukankah itu manis?

Juga ketika kita duduk berdua di bangku itu, di antara manusia-manusia yang larut dalam euforia dan hingar-bingar. Kita hanya diam. Sesekali aku mencuri pandang. Entah kamu. Lagu itu. Iya, lagu yang kita dengar bukan lah lagu Payung Teduh ini. Lagu yang membuat kita meninggalkan bangku itu karena menyayat-nyayat luka lama. Entah aku bersama siapa. Entah kamu bersama siapa.

Dan Berdua Saja, akan menjadi lagu indah antara aku dan kamu, dalam memoriku. Jika kamu mau, dalam memorimu juga. Tapi, sepertinya kamu tak terlalu menyuka lagu ini. Baiklah, tak masalah. Ini hanya lagu pelepas rinduku padamu.

Monumen 11 Maret

Monumen 11 Maret

Tinggalkan Balasan

