Bondol Haji (Lonchura maja) –>>> White-headed Munia

Bondol Haji merupakan burung dari suku Ploceidae yang umum dijumpai di Kampus Biologi UGM. Berikut merupakan klasifikasi mulai dari taxon order :

Order : Passeriformes

Family : Ploceidae

Genus : Lonchura

Spesies : L. maja

Warna bulu Bondol haji adalah coklat. Pada bagian kepala berwarna putih. Paruhnya hitam keabu-abuan / ada yang menyebut biru keabu-abuan. Kaki berwarna biru pucat.

Kerabat Pak haji ini yang sering dijumpai di Kampus Biologi adalah L. leucogastroides atau Bondol Jawa dan L. punctulata atau Bondol Peking.

Gambar di atas menunjukkan sepasang Bondol haji yang sedang membuat sarang. Momen ini tertangkap kamera (bahasanya sok resmi) pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB. Salah satu burung (entah yang jantan atau yang betina) tetap menjaga sarang sambil menganyam. Sedangkan satu ekor lagi datang-pergi membawa material pembangun sarang.

 

Jujur saja, saya belum pernah melihat si Bondol Haji ini membuat sarang di sekitar kampus Biologi. Paling sering mereka bersarang di dekat Balairung UGM. * ini hanya kesan saya saat melihat si burung ini bersarang di situ.

Masih banyak spesies burung lain yang menghuni kampus Biologi. Mungkin akan saya tuliskan lainnya lagi, kalau sempt tentunya…

Saparatozzz…tozzz….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s